Pulang Kampung diantar Lomba Blog Pegipegi

"Eh, lebaran pulang kampung gak lo?"
"Liburan kemana, tha?"
"Lo gak balik Bangka? Pulang aja kali mumpung libur."

Pertanyaan kayak gini selalu berulang tiap tahun, tiap liburan. Dan yang pasti akan gue jawab dengan "gak, di rumah aja dan emang lo mau bayarin tiket pesawat gue." 
Sejujurnya gue paling anti pergi liburan di tanggal merah, rame, mahal, mahal, mahal dan mahal. Semua jadi serba mahal, semua jadi serba rame tapi emang bisanya liburan ya disaat mahal itu, gimana dong. *hela napas*

Terakhir gue pergi ke Bangka, kira-kira lebaran tahun 2011. Selalu dan selalu ketika udah sampe di rumah pho-pho (re: nenek), gue, nyokap dan sodara lain langsung ngacir ke penjual bakmie di depan jalan raya. 

"miennya sikok, ok, ku dak useh pake tauge". (re: mie-nya satu, saya gak usah pake tauge)

Bakmie Bangka itu beda sama bakmie Medan atau Kalimantan, teksturnya lebih kayak bakmie goreng penuh sayur dan banyak tauge. Ini nulis sambil kebayang bakmie lho gimana coba. Kelar makan, dessertnya pasti es campur, nyahahahahaha, pasti pernah liat dong gerobakan yang jualannya es campur bangka, selalu bangka karena emang gak ada yang numero uno selain dari bangka.... *lap iler*
Udah kenyang? Puas? Belom lah, gue dan sepupu gue dan para tante dan para om, yah semuanya deh adalah penggemar martabak. Tunggu malam tiba, pasti ada aja seseorang om-yang-entah-namanya-siapa-karena-kami-kebanyakan-sanak-saudara bawain martabak manis isinya keju-cokelat atau cokelat kacang dengan minyak berlimpah, keju berlimpah, susu tumpeh-tumpeh, makan seporsi juga gak bakal kelar. Tapi serius martabak asli di Bangka rasanya gak bakal ditemuin di Jakarta dari adonannya pun gak ada yang bisa nyamain kayak di Bangka ini. Bangka sendiri juga punya pempek, bedanya orang Bangka buat pempek polos tanpa ada isi atau apapun dan kuah cukanya merah masih ada irisan cabe merah bukan cokelat gelap seperti di Palembang. Selain itu ada kemplang, getas, terasi, lempah kuning, cempedak goreng. Duh, ampun gak kuat nulis *lambai-lambai ke kamera*, laper, kebayang-bayang masih banyak yang lain.




Yang paling gue suka kalo pulang Bangka itu ke pantainya, gue bisa mohon-mohon sama emak, tante, om buat ke pantai karena gue hobi berendem di air dan main ombak. Padahal gue dan sepupu pernah lho, kebawa gulungan ombak sampe ikut guling-gulingan dan berakhir dengan posisi saling timpa. Kasian ya sepupu gue, ketimpa gue yang berbobot cukup berat. hihihi...  Parahnya lagi, kami juga memanipulasi sepupu-sepupu kecil gue buat ngajakin bokap nyokap mereka biar pada mau nganter ke pantai. ehe-ehe-ehe. Jahat? Biarin, bweek. Siapa suruh orang tua dengerinnya anak kecil doang.
Salah dua pantai yang sering gue datengin itu Pantai Matras dan Pantai Parai karena deket dari rumah dan percayalah masih banyak pantai lainnya yang bisa ngundang decak kagum. Kalo pernah nonton laskar pelangi, bayangin aja pantainya seperti itu, banyak bebatuan dan pasir putih, bikin pengen nyebur dan lari-lari sambil ngibarin selendang. *plak*




Tapi disini dilarang bicara kotor ataupun kasar, kabarnya udah banyak orang hilang dan tenggelam disini karena gak mematuhi hukum-hukum kasat mata. hiiii~

Walaupun Bangka adalah surga bagi mata dan perut, peminat yag datang kesini tetap sedikit dikarenakan promosi yang kurang terasa. Promosi jaman sekarang yang paling kuat adalah lewat Instagram.

"Sis, boleh dicek dulu instagram kita. Diskon 50% lho."
"Endorse sis, bisa hubungi kemana ya."
"Jual ini-itu lengkap dengan itu dan ini dijamin."

Gue punya misi ketika bisa dateng ke Bangka lagi, gue kepengen:

1. Pencitraan di Instagram
Nyobain makanan lengkap dengan foto ala ala food blogger, datengin pantai, hotel dan segala fasilitas yang mendukung wisatawan untuk datang ke Bangka lalu ber-eksis ria di instagram dengan hashtag panjang kali lebar #holiday #liburan #bangka #like4like. Gak, deng, hashtagnya gak gitu juga tapi upload foto di instagram itu harus, penting, kudu biar semua orang tau Bangka itu cuma bukan tambang timah doang. Apalagi yang upload kokoh Alex, followernya kan udah 40.2K. Cieeeee....

2. Nulis Blog
Sekarang udah banyak tuh komunitas-komunitas blogger yang bisa saling sapa dan sharing blognya. Jadi misi kedua adalah nulis di blog tentang apa yang bisa dilakukan, dijamah, dimakan dan fasilitas pendukung lalu sebar link blognya ke komunitas-komunitas blogger. Apalagi yang nulis kokoh Alex, pasti langsung rame.

3. Bikin Video
Bagi manusia malas baca dan demen nonton, ada baiknya juga kalo buat video amatir yang menunjukkan langsung nikmat, indah dan betapa menggoda sebenarnya liburan di Bangka. Sekali lagi, ke-eksis-an video ini harus terjaga dengan cara upload ke instagram dan youtube. Dan dengan muka saya terpampang di video. *lalu ditoyor kameramen*

Begitulah impian gue kalo berhasil pulang kampung lagi dan karena gue lapar gara-gara kebanyakan ngeliat foto makanan maka berakhirlah tulisan ini disini. Grettanya mau makan dulu. Daghhh...

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer